Bhayangkara FC Dilumat Bali United

By ommed


nusakini.com - Bali United berhasil mengemas kemenangan pada laga terakhir pekan ke-24 Liga 1 2021/22, di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Sabtu (12/2) malam WIB. Bhayangkara FC jadi korban, dan di luar dugaan tampil tidak seperti biasanya.

Dari awal pertandingan, Bhayangkara sudah ditekan oleh Bali United. Lini belakang mereka dihuni oleh duet stoper lokal senior, Indra Kahfi dan Jajang Mulyana. Privat Mbarga bersama Ilija Spasojevic, menebar ancaman pada menit-menit awal.

Gol pun sudah bisa dicatatkan oleh Serdadu Tridatu pada menit ke-8. Bali United mendapat penalti setelah Eber Bessa dilanggar oleh Melvin Platje yang merupakan eks Bali United. Spasojevic jadi eksekutor, dan dengan tenang menaklukkan Awan Setho.

Pertahanan Bhayangkara nampak rapuh dengan absennya Anderson Salles. Lini tengah juga tidak jauh berbeda, begitu mudah ditembus dan kurang jelas karena tidak ada sosok Lee Yoo-joon. Evan Dimas tidak begitu berkembang pada pertandingan ini.

Menit ke-12, Bhayangkara blunder pemain mereka sendiri. Indra Kahfi salah melakukan operan dan bola diserobot Stefano Lilipaly. Dengan tenang dan tajam, Fano tidak menyia-nyiakan 'bola nemu' itu untuk dia ubah menjadi gol. Babak satu pun selesai 2-0.

Pada babak kedua, Bhayangkara benar-benar bermain menekan. Pemain belakang atau tengah Bali United tidak dibiarkan untuk berlama-lama menguasai bola. Hanya saja, strategi Paul Munster itu juga terus-menerus gagal untuk menghasilkan gol.

Melvin Platje sebenarnya punya beberapa peluang dengan tendangan kerasnya, termasuk tendangan bebas. Tapi tendangan dari pemain asal Belanda itu mampu dimentahkan oleh kiper Bali United, Nadeo Argawinata. Bali United lebih fokus menjaga kedalaman, sambil mencoba serangan balik.

Bukannya mencetak gol, Bhayangkara yang sudah telanjur kacau malah kembali dibobol. Irfan Jaya yang masuk sebagai pemain pengganti memastikan gol terakhir pada pertandingan ini. Berawal dari umpan tarik Mbarga yang tak bisa disapu pemain Bhayangkara dengan baik, Irfan yang memutar badan dengan mantap menjaringkan bola ke gawang.

Bali United sukses menutup pertandingan ini dengan kemenangan tiga gol tanpa balas. Posisi mereka masih berada di bawah Bhayangkara, dengan selisih satu poin (48 dan 49). Namun, dengan demikian Bali United juga hanya berjarak satu poin dari pemuncak klasemen sementara, Arema FC. (gi/om)